Thursday, August 23, 2018

BEMO MOBIL KECIL YANG PERNAH MELEGENDA DI INDONESIA


Pada tahun 1963 masyarakat Indonesia Khususnya yang bermukim di Jakarta mendapat kejutan kendaraan beroda 3 model baru. Hal ini terkait dengan Kegiatan  Presiden Republik Indonesia yang pertama Ir. Soekarno, yang menginiasi kelahiran pesta olahraga negara negara berkembang, yang lebih dikenal sebagai GANEFO atau the Games of the New Emerging Forces. Pesta olahraga ini dibentuk pada akhir tahun 1962 sebagai tandingan Olimpiade. GANEFO dilangsungkan pada tanggal 10 -22 November tahun 1963 di Jakarta. Penyelenggaraan GANEFO berakibatkan tidak diizinkannya Indonesia untuk mengikuti Olimpiade tahun 1964 di Tokyo. GANEFO mengambil semboyan Onward! No Retreat (Maju Terus! Pantang Mundur).
Sejauh kemudian kendaraan ini sangat terkenal di Indonesia dengan sebutan Bemo (Becak Motor) walaupun fisiknya kebalikan dengan becak. Kalau becak satu roda di Belakang, kalau ini di depan. Belakangan kehadiran bemo dimaksudkan untuk menggantikan becak. Karena Perencanaan yang kurang matang hal ini menjadi tidak berhasil, dan Bemo malah menjadi pelengkap varian  kendaraan baru. Bemo tidak hanya hadir di Jakarta, melainkan juga di kota-kota lain seperti di Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Padang, Denpasar, dll. karena kendaraan ini sangat praktis dan mampu menjangkau jalan-jalan yang sempit, dan dapat melaju jauh lebih cepat daripada becak.
Bemo Menunggu Penumpang
Gapura Ngendro Kleco Jajar tahun 70an

Di Solo Raya Bemo eksis melayani masyarakat mulai dari Solo sampai Sukoharjo, Kartasura, hingga Palur Karanganyar. Waktu itu sangat banyak Bemo berkeliaran di Solo karena memang lebih cepat dan mampu memuat banyak orang, didepan bisa 2 sampai 3 orang, dibelakang bisa 6 sampai 8 orang, praktis waktu itu sangat dibutuhkan masyarakat. Bemo waktu itu melengkapi moda transportasi jalanan yang sudah ada, yang saat itu sudah terlebih dahulu ada;  sepeda, sepeda motor, andong, gerobak dan dokar. Aku masih ingat waktu aku kecil, sekitar umur 5-7 tahun sering aku diajak orang tuaku ke Sukoharjo waktu itu kami naik bemo dari Gemblegan ke Sukoharjo. Sering pula keluargaku mencarter Bemo dari pemilik Bemo di Makamhaji untuk liburan di Alun-alun utara dalam rangka melihat Sekatenan, atau ke Sri Wedari
Penjual Mainan Anak di Sriwedari tahun 70an
Akhirnya tahun 1979 Bemo di Surakarta mulai tergusur oleh adanya kendaraan roda 4 yang mungil dari produk Daihatsu. Khusus di Surakarta waktu itu Daihatsu sangat laris dengan model S38nya, dibanding dengan mobil sejenis  merk lain.
Bemo yang masih bagus
Bemo di terminal
Inilah Spesififikasi dari Bemo yang pernah berada di puncak keemasannya diproduksi sampai 1972 336,534  unit :
Merk / Jenis                                           :     Daihatsu/ Midget MP
Roda                                                      :     3 roda, 1 depan, 2 belakang
Velg/Diameter Roda                              :     Kaleng/R 10”
Rem                                                       :     Teromol Hidrolis
Kemudi                                                  :     Steering wheel
Suspensi depan                                      :     Spiral Spring/teleskopik
Suspensi Belakang                                :     Leave Spring
Mesin                                                    :     305 cc 2 langkah 1 cylinder
Peak Power                                           :     12 hp
Transmisi                                              :     Manual 3 maju, 1 mundur, kopling kering

No comments:

Post a Comment