Thursday, September 13, 2018

HONDA TN 360 KECIL CANGGIH NAMUN TERSISIH



        Sejarah masuknya Honda TN tak lepas dari peran serta sosok Ang Kang Hoo dan pamannya Ang Kok Ha mendirikan PT. Istana Mobil Raya (Imora), sebagai toko dan bengkel untuk perbaikan kendaraan. Sang paman, Ang Kok Ha mulai mengimpor mobil produksi luar negeri, mulai dari produk Italia seperti Fiat, kemudian Holden (1963), Nissan (1965) dan akhirnya beralih ke Honda (1968). Pada masa ini, Ang Kang Hoo duduk diposisi General Manager. Dibawah kepemimpinannya penjualan Honda berkembang pesat diiringi perkembangan cabang-cabang diseluruh Indonesia. Di tanggal 6 Juli tahun 1974 , berdiri PT Prospect Motor sebagai perusahaan perakit mobil Honda. Di tahun yang sama, Honda Motor Co.Ltd, menanamkan modal di Indonesia untuk mendirikan pabrik mesin mobil sedan dimana beberapa komponen juga diproduksi. Pabrik mesin Honda ini merupakan joint venture antara Honda Motor Co. Ltd (55%) , Kanematsu (15%) dan PT. Prospect Motor (30%) dimana agen tunggal adalah PT Imora Motor yang menjual Honda atas perjanjian lisensi. Pada saat itu, produk sedan Honda menguasai pasaran untuk mobil kecil,  padahal saat itu penjualan mobil sedang lesu. Waktu itu PT. Imora Motor yang beralamat di Jalan Pangeran Jayakarta 137 – Jakarta Pusat masih selaku Penyalur Tunggal Seluruh Indonesia untuk mobil Honda beradasarkan data pada akhir tahun 1976 urutan penjualan mobil sampai akhir tahun di Indonesia sebagai berikut : Mitsubishi (25.133), Toyota (15.790), Datsun (6.292), Holden (4.882), Mercedes-Benz (3.821), Daihatsu (3.647) dan Honda (3.489). Sedang diposisi 9 dan 10 masing-masing Peugeot (2.111) dan Fiat (2.029). Honda walaupun menempati posisi 8 namun terbilang sangat lumayan terhitung Honda baru masuk di Indonesia hanya dengan mengandalkan 3 mobil kecil yaitu Honda Life, Honda TN, dan Honda Civic yang belakangan baru muncul.
  
Iklan Honda TN 360 di Jepang

Honda TN  sendiri masuk di Indonesia mulai dari Honda TN 360. TN360 menggunakan mesin dua silinder 354 cc berpendingin udara dengan camshaft overhead tunggal 180o, dan diadaptasi dari motor Honda CB450. Sebelum TN muncul sudah ada T360 sebelumnya telah dilengkapi dengan unit mesin empat-silinder noken as-kembar yang sangat kompleks, sedangkan mesin baru ini (bersama dengan sedan N360) lebih pas untuk produksi massal. Mesin dirancang ulang untuk dipasang secara horizontal, berada di tengah-tengah di bawah lantai beban.
 
Iklan TN 360 Pick Up 3 way flat deck

Walaupun bentuknya berupa mobil pick up  kecil dengan desain yang sejalan dengan era 70an, namun ternyata mobil Honda TN 7 ini sudah menggunakan teknologi canggih dan maju untuk chassis body dan  mesinnya pada saat itu. Teknologi canggih untuk chassis adalah menyatunya antara rangka ladder dengan chassis, sehingga lebih ringan dan kokoh. Untuk suspensi mobil ini di bagian depan sudah menggunakan suspensi Macpherson Strut dengan dibantu 2 strut bar pada swing arm. Suspensi belakang menggunakan leaf spring, dengan De Dion rigid axle tidak menggunakan rumah differensial namun menggunakan batang drive shaft axle terbuka. Untuk system kemudi juga sudah cukup canggih  dengan menggunakan  dua sambungan cross joint antara dua shaft steering, yang kemudian di salurkan di belakang dudukan lengan ayun yang tersalur melalui rack and pinion box yang tertempel di dudukan lengan ayun. Selanjutnya di salurkan melalui long tie rod ke tie rod end. Dari tie rod end selanjutnya di salurkan ke knuckle roda depan bagian belakang. Untuk rem menggunakan system konvensional 2 saluran terpisah antara rem depan dan belakang berakhir di teromol roda depan dan belakang, yang berbalut velg model cincin, dan ban standart R10 Ultra Light Truck.
Rangka Honda TN model Monocoque

Permesinan Dashboard dan radius putar

Adapun mesin yang dipakai waktu itu termasuk canggih dengan mesin 2 silinder SOHC 4 valve dengan suplai  bahan bakar  dari karburator untuk penggerak klep menggunakan single camshaft yang digerakkan  timing chain di bagian tengah, disalurkan dengan rocker arm. Waktu itu para pesainnya masih banyak yang menggunakan mesin 2 tak.. Meski terhitung  canggih saat itu, namun ternyata teknologi yang dipakai Honda TN ini sedikit mengalami kemunduran dibandingkan Honda T360 yang sudah DOHC 8 Valve. Hanya karena waktu itu kalau dipasarkan akan jadi mahal, maka di down grade menjadi yang SOHC 4 Valve.  Sebetulnya mesin yang dipakai Honda T360 dan TN series ini mengambil langsung dari mesin sepeda motor Honda CB450 yang diperkecil agar sesuai dengan regulasi kei car pada saat itu. Uniknya lagi, letak mesinnya tidak berada di bawah jok pengemudi seperti mobil lain pada umumnya, melainkan dibawah bak belakang dekat dengan axle roda belakang yang digantung pada chassis mobil.
Mesn dan suspensi belakang model De Dion di Honda TN

Honda TN 360 sendiri  mengalami  beberapa perubahan generasi sejak diperkenalkan di Jepang pada November tahun 1967 dan masuk ke Indonesia pada dekade 69an. Pertama kali keluar bentuknya menyerupai Honda T360  lengkap dengan logo Honda yang besar pada bagian depannya, namun tidak ada bonnet (hidung) roda bergeser ke bawah tempat duduk.Honda TN 360 sendiri waktu itu termasuk canggih karena wiper sudah dilengkapi washer electric.
Honda TN 360 pick up canvas melaju di Glodok tahun 1970 
Interior cabin TN 360
Tombol Wiper Washer di Honda TN

Pada tahun 1970, muncul TN-III yang sepintas terlihat mirip dengan TN360. Perbedaanya ada pada grill depan yang kini terlihat menyatu dengan lampu utama dengan list melingkar warna chrome, bumper chrome, dan spion masih model tangkai panjang  yang sedikit lebih besar, dan mengotak memakai logo H besar pada bagian depan model ini dipertahankan sampai dengan tahun 1972.
Iklan Honda TN III 
Model Honda TN III yang dilncurkan
Honda TN III Pickup di Jln. Thamrin
Honda TN III Van Protect di daerah Jawa Barat

Memasuki awal tahun 1972,  Honda melakukan perubahan pada Honda TN terutama pada bagian depannya. Logo H besar yang ada pada bagian depan dihilangkan dan diganti dengan emblem tulisan Honda yang berlapis chrome. Pada bagian lampu utama masih tetap berbentuk bulat, namun kali ini terdapat 4 buah lampu utama yang pada tiap sisinya ditumpuk ke atas, pada spion diganti model plastic hitam besar tanpa gagang besi lagi. Pada bagian mesinnya terdapat perubahan rasio kompresi agar memenuhi standar emisi Jepang saat itu. Model ini dinamakan Honda TN-V.

Brosur Honda TN V

Iklan Honda TN V De-Luxe di Indonesia
Wajah Honda TN V dari dekat

 Pada tahun 1975 muncul Honda TN7 yang merupakan varian terakhir dari Honda TN sebelum digantikan oleh Honda Acty karena regulasi kei car yang berubah pada 1 Januari 1976. Perbedaan dengan TN-V sepintas tidak ada karena TN7 ini hanya melengkapi kekurangannya dalam standar emisi dan keselamatan Jepang. Paling ketara adalah pada penggunaan sabuk pengaman penumpang yang sebelumnya tidak ada pada mobil ini.
Honda TN 7 versi Internasional
Honda TN 7 versi rumah berjalan UK &Australia


Honda TN ini sebenarnya bentuknya pick up atau mobil barang, namun di Indnesia juga tersedia dalam bentuk minibus yang dibuat oleh perusahaan karoseri lokal. Kini sangat jarang kita temui mobil Honda TN ini di Indonesia. Namun untuk saat ini banyak kolektor yang memanfaatkan mobil kecil ini. Untuk suku cadang mobil ini saat ini bisa dipesan melalui internet ke produsen-produsen part mobil lama. Kalau di pasaranpun sudah sangat jarang ditemui stocknya. Mobil ini juga jarang ada part subtitusi atau padanannya. Honda TN 360 merupakan produk mobil komersial dari Honda yang terakhir kemudian PT. Honda Prospect Motor tidak memasukkan lagi  kelanjutan seri TN ke Indonesia.
Honda TN 7 versi Karoseri Indonesia

Berbagai Model Honda TN Pick Up di angkutan kota Salatiga tahun 1978

Mapping parts Engine TN yang bisa dipesan on line
Mapping Parts Engine TN yang bisa dipesan on line
                                                        
Berikut beberapa tampilan dari Honda TN ini yang masih eksis sampai sekarang.
 
Honda TN 360 Pick Up yang masih eksis di Indonesia
Honda TN III Van Protect yang masih eksis di Indonesia


Honda TN V Pick Up Custom di Indonesia


Honda TN 7 yang masih eksis di Indonesia


SPESIFIKASI TEKNIS HONDA TN 360, TN III 360, TN V 360, DAN TN 7 360
Model
Type Engine
Bore x stroke
Timing type
Output power (max)
Torque (max)
Chassis Body


Transmission
Front Suspension

Rear Suspension

Lay out power train

Length
Width
Height
Wheel base
Weight
Load Capacity
Cargo Deck width
Cargo Deck length
Cargo Deck height
Turning radius (min)
Fuel Tank capacity
Brakes
Tires
TN 360
In line, straight twin, air-cooled 180o, 354 cc
62,4 x 67,8
SOHC, with rocker arm, middle timing chain
27 bhp/7.000 rpm
3kg-m/5.500 rpm
Monocoque, chassis  and frame to be one with Cabin

4 speed 1 reserve
Spiral spring Macpherson Strut
With strut bar
De Dion axle, semi elliptical leaf spring,  with open drive shaft axle
Middle Engine, Rear Wheel drive

2.990 mm
1.295 mm
1.625 mm
1.780 mm
560 kg
550 kg
1.210 mm
1.920 mm
320 mm
3,8 meters
28 liters
2 channel independent system leading trailing
5.00 10.4 ULT


No comments:

Post a Comment